Coretan pena

Rabu, 30 Januari 2013

Cerita gokil : Awal jatuh cinta Masakan Malaysia




Oleh : Lisa Tjut Ali


Pertama kali menginjakkan kaki ke kuala lumpur, Saya ga begitu suka masakan melayu. Soalnya ga suka masakan yang terlalu banyak di campur sos, dan menurut pengamatan saya makanan malayu banyak campuran antara masakan cina, arab dan india Tapi entah kenapa setelah 3 bulan di malaysia, tiba-tiba saja saya penasaran pingin coba masakan yang ada di malaysia. Rasa penasaran ini muncul karena suami sering ngajak saya belanja dipasar malam yang banyak dijual masakan malaysia. Pernah kami pergi ke pasar malam, dipasar malam kami mutar-mutar cari snack . tapi udah 3 kali keliling pasar malam belum juga dapat masakan yang kami cari. Gimana mau dapat yang dicari masakan aceh, hihihi…………………

“ Bang penat nie ngukur jalan  terus” sindir saya karena terlalu lelah keliling pasar malam udah mutar-mutar tempat yang sama tapi belum juga dapat padahal pembeli yang lain udah pada menghabiskan 3 menu.
“ Yang kita cari belum dapat, gimana tidak keliling terus” bela suami
“ Masakan aceh dicari dimalaysia, mana ada……..” gomel saya

Karena terlalu lelah keliling pasar malam akhirnya saya dan suami berhenti di sudut sebuah teratak yang menjual masakan yang bernama kebab yaitu masakan khas arab namun udah jadi tradisi masyarakat malaysia. Sangat banyak yang ngantri, saya penasaran lagian perut sudah lapar, cacing udah ga bisa di kompromi sampai nendang-nendang segala. Akhirnya saya ajak suami beli kue kebab, eh yang diajak malah nanyak enak ga masakannya. Spontan aja saya jawab enak dengan asumsi klo ramai orang beli pasti enak. Padahal belum tentu…… bisa jadi mereka juga pertama kali beli, kayak saya dan suami, atau bisa jadi enak buat mulut mereka tapi ga enak buat mulut saya dan suami yang belum terbiasa dengan masakan Malaysia. Tapi berhubung lapar saya dan suami tanpa mikir panjang mencoba oder kebab satu buah untuk coba rasanya. Tapi begitu kami coba ternyata kebab sangat enak, entah karena lapar atau karena memang benar-benar enak. Yang penting hari itu kami oder kebab sampai 5 bungkus sampai-sampai penjual bingung lihat kami yang badannya kecil-kecil tapi makan banyak, hehehe……….malam itu kami juga mencoba berbagai masakan  Malaysia seperti Cha Ker Tiaw,  Roti  John,  Kerupuk lekor, Yong Tau  Fu, Leici Chi Kang, dan banyak jenis lainnya. Lama-kelamaan kami pun jadi suka masakan Malaysia. Namun masakan aceh plik u tak pernah kami lupakan.


1 komentar:


Jangan lupa masukannya untuk perbaikan tulisan di masa yang akan datang.

oya semua foto-foto di sini punya saya pribadi, bagi sahabat yang ingin share foto-foto atau tulisan dalam blog ini, boleh saja tapi jangan lupa bagi tahu saya dulu sekalian nulis source.

Terima kasih karena telah mampir ( * _* )